Penggunaan Daftar Akun dan Ketentuan Bisnis Perusahaan Dagang

Posted by

MATERI K.D 3.2 dan MATERI K.D 3.3

Kompetensi Dasar 3.2
Menjelaskan penggunaan daftar akun (buku besar), buku harian dan buku pembantu untuk mencatat berbagai transaksi keuangan perusahaan dagang


Kompetensi Dasar 3.3
Menjelaskan ketentuan bisnis yang berlaku terkait dengan penyerahan hak milik barang dan intensif pelunasan untuk perusahaan dagang



A. Transaksi, Akun-Akun, Syarat Penyerahan dan Syarat Pembeyaran Dalam Perusahaan Dagang.

1. Transaksi Perusahaan Dagang
Transaksi umum yang dilakukan oleh perusahaan dagang adalah:
a. Membeli barang dagangan secara kredit
b. Membeli barang dagangan secara tunai
c. Mengembalikan barang dagangan
d. Menerima potongan pembelian
e. Membayar atau menerima perhitungan biaya angkut pembelian
f. Menjual barang dagangan secara kredit
g. Menjual barang dagangan secara tunai
h. Menerima kembali barang dagangan yang telah dijual
i. Memberi potongan penjualan

2. Akun-akun Perusahaan Dagang

Akun yang lazim digunakan oleh perusahaan dagang adalah sebagai berikut:
a. Akun persediaan barang dagang, digunakan untuk mencatat jumlah persediaan barang dagang.
b. Akun pembelian, digunakan untuk mencatat semua transaksi pembelian barang dagang.
c. Akun retur pembelian dan pengurangan harga, digunakan untuk mencatat semua transaksi pengembalian barang dagangan yang telah dibeli dan pengurangan harga atas pengembalian barang tersebut.
d. Akun potongan pembelian, digunakan untuk mencatat transaksi potongan pembelian karena rusak, cacat atau tidak sesuai pesanan.
e. Akun beban angkut pembelian, digunakan untuk mencatat semua transaksi pembayaran biaya angkut barang dagang yang dibeli.
f. Akun penjualan, digunakan untuk mencatat semua transaksi penjualan barang dagang.
g. Akun retur penjualan dan pengurangan harga, digunakan untuk mencatat transaksi penerimaan kembali barang dagang yang telah dijual.
h. Akun potongan penjualan, digunakan untuk mencatat transaksi potongan penjualan.

3. Syarat pembayaran perusahaan dagang

Munculnya syarat pembayaran menandai terjadinya transaksi penjualan / transaksi pembelian secara kredit. Beberapa syarat pembayaran yang yang lazim digunakan dalam transaksi adalah:
a. Syarat 2/10, n/30 yang artinya jika pembayaran dilakukan dalam jangka waktu 10 hari atau kurang akan mendapat potongan 2% dan pembayaran neto faktur paling lambat 30 hari.
b. Syarat 2/10,1/15,n/30 artinya jika pembayaran dilakukan dalam jangka waktu 10 hari atau kurang akan mendapat potongan 2%, tetapi jika pembayaran dilakukan setelah lewat batas 10 sampai 15 hari akan mendapat potongan 1%. Pembayaran neto paling lambat 30 hari.
c. Syarat EOM (end of month) yang artinya harga neto faktur harus dibayar pada akhir bulan atau pada bulan dimana transaksi penjualan itu terjadi.

4. Syarat penyerahan barang

a. FOB Shipping Point
FOB Shipping Point atau perangko penjual berarti penyerahan barang dilakukan digudang penjual, sehingga seluruh biaya dan resiko yang timbul dari gudang penjual sampai di gudang pembeli ditanggung oleh pembeli. Dengan syarat penyerahan barang ini akan memunculkan beban angkut pembelian
b. FOB Destination Point
FOB Destination Point atau prangko pembeli berarti penyerahan barang dilakukan di gudang pembeli, sehingga seluruh biaya dam resiko yang timbul dari gudang penjual sampai ke gudang pembeli ditanggung oleh penjual. Dengan syarat penyerahan barang ini akan memunculkan beban angkut penjualan.

5. Rabat

Potongan harga yang disepakati oleh pembeli dan penjual. Harga faktur dikurangi dengan rabat disebut harga kontrak. Rabat dapat menajdi senjata bagi mereka (perusahaan) untuk meningkatkan penjualan.


Selengkapnya .....

Silahkan Unduh Klik Disini!!!




Demo Blog NJW V2 Updated at: 07.50

0 komentar:

Posting Komentar

"Tujuan utama pendidikan adalah untuk menciptakan manusia yang mampu melakukan hal-hal baru, tidak hanya mengulangi apa yang generasi lain telah dilakukan." - (Jean Piaget)

Get this widget!

Jejak Pendapat

Bagaimana kebermanfaatan blog ini sebagai sumber belajar Anda?
 
pollcode.com free polls

Posting AcBlog